Minggu, 04 September 2016

Judul Blog Menentukan Traffik Pengunjung

Sudah hampir 5 tahun saya ngeblog, tapi masih sering kesulitan bikin judul yang pas bila konten sudah selesai.

Buat saya, bikin konten di blog tidaklah sulit. Biasanya tulisan akan bisa diselesaikan kurang dari 20 menit.

Entah kenapa, sejak memulai ngeblog saya masih sering terganjal dengan judul yang pas dan nendang yang bisa mendatangkan rasa penasaran bagi pembaca.

Setelah semua tulisan selesai, biasanya saya membutuhkan waktu yang panjang untuk menentukan judul yang bisa menarik si pembaca.


Merevisi judul blog

Suatu hari saya membuat postingan dengan judul Kamu Termasuk Tipe Pengunjung yang mana? yang menurut saya cukup nendang dan alhasil, banyak viewer yang mampir dan memberi komentar-komentar positif.

Beberapa hari kemudian, tulisan yang sama saya kirim ke situs komunitas terbesar, Kaskus, tapi judulnya sedikit diubah menjadi tipe-tipe pengunjung blog yang sering ditemui. Ternyata, dengan durasi waktu yang sama, jumlah visitor jauh lebih tinggi daripada yang pertama.

Kreatif dalam memilih judul memang bukanlah hal yang mudah. Berbeda dengan ketika kita membuat tulisan berupa tips dan trik tentunya judul tidak terlalu bermasalah.

BACA JUGA : Berbagi informasi seputar internet

Bikin judul yang "ngeboom"

Beberapa media news sering kali membuat judul yang terkesan provokatif. Karena sifatnya yang terkesan provokatif, link tersebut dengan mudahnya tersebar ke media sosial yang padahal jika kita membacanya berbeda dengan isi berita tersebut.

Kasus ini sering terjadi karena orang Indonesia lebih suka men-share link yang terkesan provokatif tanpa terlebih dahulu membacanya.

Sampai sekarang, saya masih terus belajar peka untuk mencari judul yang tepat, yang bisa mendatangkan rasa penasaran. Saya tahu hal ini tidaklah mudah, tapi saya juga tidak mau menjebak pengunjung blog dengan membuat judul yang tidak sinkron dengan isi konten.


EmoticonEmoticon