Senin, 17 Oktober 2016

Spektakuler! Game Supercell Dimainkan Oleh 100 Juta Pemain Aktif




Siapa sih yang tak kenal Supercell? Developer asal Finlandia ini sukses merilis Clash of Clans, Boom Beach, Hay Day, Clash Royale dengan seratus jutaan orang pemain aktif setiap harinya.

Diumumkan oleh Chief Executive Supercell, mengatakan saat ini Supercell dimainkan oleh 100 juta pemain aktif yang memainkan empat game tersebut setiap harinya.

Angka tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa bila dibandingkan dengan developer game terkenal lainnya. Pencapaian ini sangat luar biasa mengingat Supercell hanya punya 180 karyawan. Keempat game tersebut masuk ke dalam daftar 35 game berpenghasilan tertinggi.

Posisi Supercell sebagai penerbit game fenomenal makin kokoh dengan game keluaran terakhir mereka yang bernama Clash Royale. Dengan waktu yang singkat, Clash Royale mampu mencapai posisi 1 di daftar game paling banyak diunduh di Android.

Di ulasan sebelumnya mengenai Kisah Dibalik Developer Game Android Terkenal, saat itu Supercell hanya memiliki 15 karyawan. mereka tidak tahu akan menjadi seperti apa perusahaannya nanti. Mereka berharap game buatannya setidaknya bisa dimainkan oleh banyak orang selama bertahun-tahun.

Game pertama yang dibuat Supercell adalah Gunshine. Saat itu Gunshine sangat terkenal dan mencapai puncak kejayaannya selama setahun dengan setengah juta pemain aktif. Tapi sayangnya, para pemain mulai merasa jenuh dan akhirnya Supercell menonaktifkan game tersebut.

Supercell meyakini bahwa disetiap kata kegagalan pasti ada kesuksesan yang akan diraih. Keyakinan ini yang membuat Supercell berhasil dengan menelurkan game Clash of Clans, Hay Day, Boom Beach, Clash Royale. Keempat game ini menjadi game-game papan atas di Android dan iOS

Prestasi ini membuat Perusahaan raksasa Tiongkok, Tencent, akhirnya membeli 70% saham Supercell yang awalnya dimiliki Softbank. Kini Clash of Clans dan League of Legends akhirnya satu team.

Softbank sendiri menjual sahamnya di Supercell ini lantaran untuk mengurangi hutang mereka yang sangat banyak. Selain menjual saham mayoritasnya kepada Tencent, Softbank juga menjual saham mereka di Alibaba senilai lebih US$8,4 triliun.


EmoticonEmoticon